Beranda » Domestic » Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia – Bagian 4

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, fakta itu tidak perlu di ragukan lagi karena memang sudah di akui dunia.

Keindahan alam yang memukau serta keramah tamahan warganya merupakan hal yang tidak bisa lepas dari ciri khas Bangsa Indonesia. Keindahan Indonesia bukan hanya dari sisi alamnya, tapi juga budaya, kesenian, kerajinan, kuliner, hingga peninggalan bersejarahnya.

Setidaknya, ada 34 provinsi Indonesia yang sajikan keindahan destinasi wisata yang tak kalah indah dari keindahan alam di luar negeri. Berikut ini adalah keindahan Indonesia yang akan kamu temukan jika keliling Indonesia:

22. Provinsi Bali – Denpasar

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Wikipedia

Luas: 5.633 km²
Lagu daerah: Bali Jagaddhita

Pantai Blue Lagoon – Karangasem

Surga tersembunyi ini terletak di sisi lain pelabuhan Padang Bai dan menawarkan keindahan surga tersembunyi bagi mereka yang mencari pantai tersembunyi dengan air biru dan pasir putihnya. Karena air di Pantai Blue Lagoon sangat jernih sehingga mudah untuk melihat apa yang ada di bawahnya. Hal baik lainnya, pantai ini masih sepi, belum banyak dikunjungi wisatawan.

Blue Lagoon dekat dengan pelabuhan Padangbai. Dikenal sebagai surga bawah laut, airnya hangat dan kehidupan lautnya melimpah. Anda mungkin melihat ikan ultraviolet dengan percikan bercahaya, diikuti oleh kawanan ikan hitam dengan ekor yang berbentuk seperti kepala kunci pas, Anda bahkan mungkin melihat seekor ikan seperti kulit macan tutul, dan jika Anda melihat dengan saksama, Anda akan melihat makhluk yang menyamar dengan cerdik dan bersembunyi di celah-celah terumbu karang. Garis pantai berbatasan dengan taman karang tempat Anda bisa snorkeling di antara ikan psychedelic.

Blue Lagoon Beach adalah pantai yang bagus untuk snorkeling. Terumbu karang berada tepat di atas pantai dan sangat cantik. Cara terbaik adalah masuk ke sisi paling kiri, dimana ada kanal terumbu karang yang mengarah ke titik snorkling. Terdapat titik snorkeling yang bagus di teluk, meski snorkeling di Blue Lagoon atau White Sand Beach jauh lebih baik.

Pantai Lovina – Singaraja

Lovina terletak di Bali Utara di pesisir utara Pulau Bali tepatnya sekitar 10 km arah barat Singaraja. Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Karena itu, kadang orang menyebutnya sebagai kawasan wisata Kalibukbuk.

Pantai Lovina yang berpasir hitam ini masih alami sehingga menarik dikunjungi. Yang menarik di Pantai Lovina adalah perjalanan ke tengah laut di perairan Lovina. Anda dapat menjumpai lumba-lumba di perairan Lovina yang terletak sekitar 1 kilometer dari bibir pantai. Laut Bali yang berada di perairan Lovina relatif tenang sehingga Anda bisa berwisata di laut tersebut dengan menggunakan perahu nelayan.

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba liar, Anda harus berangkat pagi sekali saat matahari akan terbit karena lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul antara pukul 6 pagi hingga 8 pagi. Pada jam itu, puluhan lumba-lumba akan beratraksi secara alami menunjukkan kegiatan mereka. Ada yang sekadar berenang di permukaan air, ada juga yang melompat-lompat. Tentu hal ini akan membuat takjub akan keindahan binatang laut tersebut.

Ayam Betutu – Bali

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk.


23. Provinsi Nusa Tenggara Barat – Mataram

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTB ini memiliki 10 Kabupaten/Kota. (Wikipedia)
Luas: 19.709 km²

Ibu kota: Kota Mataram
Lagu daerah: Orlen-orlen
Jumlah penduduk: 4,702 juta (1 Jul 2014)

Gunung Rinjani – Lombok

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian anda akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan melihat banyak bunga edelweiss. Untuk fauna yang dapat anda temui di antaranya adalah lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan lain-lain.

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut.

Gili Terawangan – Lombok

Salah satu tempat yang menjadi favorit para traveler di Lombok adalah Gili Trawangan. Banyak para wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang tidak ingin menghilangkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam Indonesia khususnya di Pulau Lombok. Bahakan banyak yang bilang bahwa Gili Trawangan adalah surga kecil di tanah Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri memang, Gili Trawangan menawarkan banyak keindahan pesona alam dan diantaranya yaitu hamparan pasir pantai putih dan ombak pantai yang tenang sehingga ketika Anda berenang akan aman. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang berisikan biota biota laut, bisa dilakukan dengan snorkeling juga.

Selain menawarkan keindahan pesona alam, Gili Trawangan juga memiliki keunikan lain yang mampu menarik wisatawan. Keunikan tersebut diantaranya dilarang menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga kualitas udara di kawasan Gili Trawangan dan mengurangi polusi udara. Jika Anda ingin mengelilingi kawasan Gili Trawangan bisa menyewa sepeda atau cidomo.

Ayam Taliwang – Lombok

Sebenarnya kesohoran ayam taliwang telah dikenal lama sejak tahun 1960-an, karena saat ini Lombok menjadi salah satu tempat favorit para traveller, sehingga selain dari destinasi indah yang dimiliki Nusa Tenggara Barat kulinernya pun ikut terpandang, salah satunya ayam taliwang.

Ayam taliwang merupakan warisan budaya dari suku sasak dan diperkenalkan oleh masyarakat karang taliwang yang pertama kali membuatnya. Racikan rempah – rempah asli ayam ini dibuat menjadi ayam bakar dengan citarasa yang kuat, dengan penyajiannya disertai beberuk terong dan plecing kangkung.


24. Provinsi Nusa Tenggara Timur – Kupang

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTT ini memiliki 22 Kabupaten/Kota. (Wikipedia)

Luas : 47.246 km²
Ibu kota : Kupang
Lagu daerah : Moree
Jumlah penduduk : 5,071 juta (2014)

Pulau Komodo – Labuan Bajo

Seperti namanya, Pulau Komodo merupakan habitat asli hewan komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya sebelah timur Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini berada di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Setidaknya pada tahun 2009 terdapat 1.300 ekor komodo yang berkembang biak dengan baik di pulau ini. Bahkan, ditambah dengan pulau lain, yakni Pulau Rinca dan Gili Motang, populasinya mencapai 2.500 ekor. Malah ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo. Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian. Pohon nitak ini atau Sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih seperti kacang polong.

Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo (Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang) sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo hanya bisa ditemui di kawasan ini. Habitat dari hewan yang terancam punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis.

Pulau Komodo juga pernah meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia. Penentuan pemenang diperoleh dari hasil voting dan penelitian para ahli. Pulau Komodo berhasil meraih voting tertinggi bersama enam tempat wisata lainnya, yaitu Air Terjun Iguazu, Hutan Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Teluk Halong, Pulau Jeju dan Table Mo.

Taman Nasional Kelimutu – Flores

Salah satu tempat ikonik yang ada di Taman Nasional Kelimutu ini adalah danaunya. Danau Kelimutu ditemukan oleh seorang komandan militer Belanda bernama B. van Suchtelen pada 1915. Namanya menjadi semakin populer setelah Y. Bouman menulis tulisan tentang Danau Kelimutu di tahun 1929. Tulisan tersebut mengundang banyak perhatian dari wisatawan.

Sejak saat itu, banyak sekali orang datang melihat keindahan wisata Danau Kelimutu ini, terutama wisatawan asing. Keindahan yang menjadi daya tarik tak lain adalah keunikan tiga warna yang ada dimilikinya.

Nama Kelimutu sendiri merupakan gabungan dari kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Secara harfiah, nama ini dapat diartikan sebagai “gunung mendidih”.

Ketiga warna yang dimiliki wisata Danau Kelimutu ini diantaranya adalah biru muda, merah, dan hijau toska. Danau ini sendiri merupakan sumber dari erupsi phreatic di masa lalu, dengan puncak yang tingginya mencapai 1.639 meter.

Kelimutu ini sebenarnya adalah nama dari gunungnya. Sedangkan danaunya memiliki namanya sendiri-sendiri, yaitu Tiwu Ata Mbupu atau Ata Mbupu, Tiwu Ata Polo atau atau Ata Polo, dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai.

Masakan Sei Sapi Khas NTT

Se’i atau daging asap terbuat dari daging sapi atau daging babi yang dimasak hingga matang melalui proses pengasapan. Umumya se’i dimakan bersama tumis bunga pepaya atau sayur-sayur lain khas Nusa Tenggara Timur. Se’i atau daging asap terbuat dari daging sapi atau babi. Dalam proses pembuatannya, daging sapi atau babi diawetkan melalui proses pengasapan. Setelah itu, barulah se’i dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga pepaya.


25. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya adalah Makassar, dahulu disebut Ujung Pandang. (Wikipedia)

Ibu kota: Makassar
Lagu daerah: Anging Mamiri, Ati Raja, Bunga-Bunganna Masamba, Mappadendang
Jumlah penduduk: 8,035 juta (2010)
Hari jadi: 13 Desember 1960 (hari jadi)

Pantai Losari – Makassar

Ketika anda berkunjung ke Pantai Losari anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah,baik itu pemandangan matahari terbit (sunrise), maupun matahari terbenam (sunset), maka dari itu pantai losari bisa dinikmati pada subuh hari maupun sore hari. Tidak hanya itu pantai losari biasanya dijadikan pusat kegiatan olahraga ringan seperti jalan subuh, jogging, kegiatan lari dan lain sebagainya.

Dipantai Losari anda bisa menikmati bau khas laut yang tercium sangat jelas, anda juga bisa melakukan kegiatan berfoto di monumen patung-patung pahlawan sulawesi selatan yang ada di halaman Pantai Losari, patung-patung tersebut adalah orang-orang yang berpengaruh di seluruh pelosok Sulawesi Selatan seperti, Sultan Hasanuddin, Arung Palakka, Sultan Alauddin, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melihat patung-patung khas suku-suku yang ada di Sulawesi Selatan seperti Becak, Tedong Bonga, Perahu Phinisi dan lainnya

Selain berfoto di patung-patung tersebut, anda juga bisa berfoto di letter besi yang bertuliskan nama-nama suku yang ada di Sulawesi Selatan, seperti Letter besi bertuliskan Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar.

Dan jika anda muslim anda juga bisa melakukan kegiatan sholat lima waktu di Pantai Losari, tepatnya di Mesjid Terapung yang terapung di Pantai Losari, Mesjid ini bernama Mesjid Amirul Mukminin.

Taman Laut Taka Bonerate – Makassar

Anda tahu Kwajalein di Kepulauan Marshall? Atau pernah mendengar Suvadiva di Kepulauan Maladewa? Mereka berada di peringkat pertama dan kedua sebagai karang atol terbesar di dunia. Lalu, di peringkat ketiga? . Takabonerate berada di posisi ketiga. Oleh karena itulah, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadikan Takabonerate sebagai salah satu ikon wisata bahari selain Tanjung Bira di Bulukumba. Bahkan, oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI pada 7 Februari 2005 Takabonerate diajukan masuk dalam daftar tentatif (sementara) Situs Warisan Dunia UNESCO.

Anda bisa berkunjung ke Takabonerate pada bulan April – Juni atau Oktober – Desember tiap tahunnya. Apabila ingin menyaksikan atraksi wisata yang sesungguhnya di Kabupaaten Selayar khususnya Takabonerate maka disarankan Anda berkunjung pada bulan Oktober – Desember untuk ikut dalam even Ekspedisi Takabonerate. Acaranya mencakup International Fishing Tournament, Underwater Exhibition (diving dan snorkeling), exploring, Lomba Fotografi Bawah Laut dan Lomba Foto Darat, Fam Tour, Lomba Penulisan Blog, Parade Joloro Hias, Pagelaran Seni budaya, juga Bakti Lingkungan Hidup.

Sop Konro – Makassar

Lengkapi wisata kuliner di Makassar dengan menyantap Sop Konro dan Konro Bakar. Duo kuliner dari olahan iga bakar ini sungguh bisa menggoyang lidah. Belum lagi kelembutan dagingnya yang bisa bikin ketagihan. Mirip dengan Rawon yang berkuah hitam, Sop Konro juga menggunakan kluwak sebagai bumbu, selain lengkuas, ketumbar, kapulaga, dan bumbu lainnya.

Setara dengan kenikmatan Sop Konro, jangan lewatkan juga untuk mencoba Konro Bakar. Sesuai namanya, sebelum disajikan kepada pembeli iga sapi dibakar terlebih dahulu. Menambah lezat iga sapi yang sudah dibakar, Konro Bakar disajikan dengan siraman bumbu kacang khas Makassar dan kuah Sop Konro yang berwarna hitam.


26. Provinsi Sulawesi Tenggara – Kendari

Sulawesi Tenggara merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ibukota Kendari. (Wikipedia)

Ibu kota: Kota Kendari
Hari jadi: 27 April 1964
Jumlah penduduk: 2,418 juta (1 Jul 2014)

Pulau Hari – Kendari

Pulau Hari merupakan salah satu solusi bagi Anda yang butuh ketenangan dan tantangan alam bahari nan natural. Untuk menjangkaunya tak sulit. Dari kota Kendari, Anda bisa menempuh perjalanan laut menggunakan perahu atau speed boat selama kurang lebih ,5 jam.

Pemandangan pantai yang berpadu secara alami dengan garis-garis kebiruan air alut merupakan tantangan bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan keindahan alam pualu ini. Sedangkan untuk pengunjung yang hobi dengan diving atau snorkeling, pada kedalaman tujuh hingga delapan meter, beningnya air membuat mata telanjang pun mampu menembus pemandangan taman laut dengan warna-warna yang cantik dan menawan. Terdapat 15 site diving di pulau ini.

Pulau Labengki – Kendari

Pulau Labengki merupakan kawasan Konservasi dengan nama TWA (taman wisata alam) Lasolo dibawah naungan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta BKSDA Sultra, Pulau Labengki terdiri dari Pulau Labengki besar dan Pulau Labengki kecil yang dikelilingi pulau-pulau kecil nan indah dengan struktur batuan carst yg di tumbuhi ribuan anggrek liar yang sangat menawan menyerupai Raja Ampat juga memiliki puluhan pantai dengan pasir putih tersebar disetiap sudut pulau dengan air yang jernih serta hamparan karang yang berwarna warni dengan biotanya, Pulau Labengki banyak memiliki pantai-pantai privat, lagoon, dll.

Selain memiliki keindahan diatas air, Labengki juga memiliki keindahan bawah laut karena banyak terdapat berbagai jenis hewan langka dan karang-karang besar serta biota-biotanya yang menarik, yang paling menarik adalah banyaknya spesies kima atau kerang raksasa mulai dari kima kecil, kima batu serta kima raksasa yang merupakan satu-satunya populasi alami kima besar dengan nama dan jenis yang berbeda-beda dan masih terjaga kealamiannya. Anda dapat menuju Labengki dari Kota Kendari sejauh 30 mil dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam menggunakan speedboat.

Sup Ikan Parende – Kendari

Parende sendiri adalah sejenis sop ikan laut yang bercita rasa asin, asam, pedas dan gurih. Bahan yang dipilih adalah ikan laut jenis apa saja yang dipotong-potong lalu dicampurkan garam dan air jeruk agar tidak amis.

Parende ini enak disantap panas-panas karena akan terasa lebih segar dan menghangatkan perut. Dari sisi cita rasa, Parende mirip sekali dengan sup Tom Yam (Thailand). Bedanya, Tom Yam menggunakan isi seafood, sedangkan Parende hanya berisikan potongan ikan laut.


27. Provinsi Sulawesi Tengah – Palu

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 3.222.241 jiwa. (Wikipedia)

Ibu kota: Kota Palu
Lagu daerah: Tananggu Kaili, Tondok Kadadingku, Rano Poso, Banggai Tano Monondok.

Air Terjun Saluopa – Poso

Air Terjun Saluopa merupakan salah satu obyek wisata Sulawesi Tengah yang cukup terkenal di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang memukau pengunjung. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang kerap mengunjungi tempat ini, bahkan menyebutkan jika air Terjun Saluopa ini sebagai salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia.

Air terjun ini juga dijuluki dengan sebutan Air Luncur Saluopa. Karena air terjun Saluopa memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang sangat jernih serta airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter.

Taman Nasional – Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Secara admintrasi kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean berada di Kabupaten Tojo Unauna.

Kepulau ini cukup dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini merupakan kawasan wisata yang cocok sebagai tempat menyelam dan shorkeling di Pulau Kadidiri, memancing dan menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Unauna. Dan yang tidak kalah menarik kita dapat mengunjungi pemukiman orang dari suku Bajo di daerah Kabalutan.

Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean terbentuk oleh aktifitas vulkanik gunung berapi, pulau ini ditutupi oleh vegetsi tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang yang indah. batu karang dan pantai di kawasan ini menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau dan lainnya.

Kuliner Duo Sale – Palu

Sulawesi Tengah punya banyak pilihan makanan tradisional. Tak hanya olahan daging, ikan, dan sayura, provinsi beribu kota Palu ini juga punya sambal yang terkenal hingga ke luar daerah yaitu duo sale. Dua sale merupakan olahan ikan teri kering yang dimasak dengan bumbu sambal. Selain disebut sambal, makanan ini memang disebut juga sebagai lauk.

Bumbu sambalnya di antaranya, ada cabai, tomat, dan bawang merah. Pembuatannya juga sangat mudah hanya dengan menggoreng teri kering hingga setengah matang, lalu bumbu sambal halus dicampurkan. Semua dimasak hingga matang atau beraroma harum.

Ciri khas duo sale tidak seperti kebanyakan sambal Sulawesi Utara bercitarasa sangat pedas. Duo sale diberi rasa manis dan penggunaan cabai tidak banyak sehingga tidak terlalu pedas. Rasa duo sale terkenal sangat gurih dan membuat doa sale cocok jadi pengganti lauk. Duo sale cocok disajikan dengan nasi putih. Bisa juga disajikan dengan makanan khas Sulawesi Tengah lain, misalnya nasi jagung.


28. Provinsi Sulawesi Barat – Mamuju

Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat telah diperjuangkan sejak tahun 1960. Pada masa itu pulau Sulawesi terdapat 3 Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. (Wikipedia)

Luas: 16.787 km²
Ibu kota: Mamuju
Hari jadi: 5 Oktober 2004 (hari jadi)
Jumlah penduduk: 1,285 juta (2014)

Pantai Manakarra – Mamuju

Pantai Manakarra terletak di Kota Mamuju, merupakan tempat wisata yang selalu dipadati pengunjung setiap harinya. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai melepas lelah sambil menikmati pemandangan pantai. Saat sore dan malam hari kebanyakan yang datang adalah pemuda pemudi yang berkumpul bersama teman-temannya. Banyaknya penjual camilan dan juga kios memudahkan pengunjung jika membutuhkan sesuatu saat berada di pantai ini.

Bukan menjadi rahasia umum jika pantai Manakarra sejak dulu dikenal sebagai pantai “Losari-Nya” (Makasar) Mamuju. Hal ini bukannya tanpa alasan, pantai manakarra memiliki pemandangan yang eksotik dan menawan. Dengan latar belakang pulau karampuang yang terhampar disepanjang sudut penglihatan, pantai Manakarra benar-benar mempunyai keindahaan Panorama pantai yang memikat mata.

Pulau Gusung Toraja – Mamuju

Tidak lengkap rasanya mengunjungi kawasan pulau di Polewaqli Mandar sebelum datang ke Pulau Pasir Putih atau biasa juga disebut Pulau Gusung Toraja. Meskipun kecil, pulau ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang bersih.
Di Pulau ini terdapat fasilitas berupa Villa yang dapat digunakan untuk beristirahat dan beberapa buah Gazeebo. Di tempat yang jauh dari kebisingan ini, wisatawan dapat menyaksikan sunset dan sunrise.

Gusung Toraja, merupakan salah satu pulau yang ada di Polewali Mandar tepat di Kec. Binuang . Kenapa disebut Gusung Toraja ? Bukan karena letaknya di Toraja. Tapi, pulau ini dulunya merupakan tumpukan pasir atau disebut gusung, dan seiring berjalannya waktu bermetafosa menjadi sebuah pulau. Menurut cerita, beberapa ratus tahun lalu pernah terjadi perang di wilayah ini, dan yang menjadi korban adalah orang-orang asal Toraja. Selain disebut Gusung Toraja, pulau ini juga disebut Pulau Pasir Putih.

Apang makanan khas – Mamuju

Kue ini khas dari Mandar, Sulawasi Barat dengan bentuknya yang persegi tiga. Warnanya coklat dengan bahan dasar gula aren.

Apang dibuat dari tepung beras yang sebelumnya dikukus dalam cetakan. Dahulu kala, kue ini dicampur dengan tuak manis agar adonannya mengembang lebih sempurna. Namun sekarang, kebanyakan adonannya sudah dibuat dengan menggunakan baking powder saja.

Akan empuk dan enak jika apang disajikan dengan taburan kelapa muda. Sangat cocok disantap di pagi hari bersama secangkir kopi. Untuk mendapatkan cukup mudah, bisa ditemukan di pasar tradisional di daerah SulBar.


Selanjutnya Bagian 5 – Objek Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.