Beranda » Domestic » Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia – Bagian 3

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, fakta itu tidak perlu di ragukan lagi karena memang sudah di akui dunia.

Keindahan alam yang memukau serta keramah tamahan warganya merupakan hal yang tidak bisa lepas dari ciri khas Bangsa Indonesia. Keindahan Indonesia bukan hanya dari sisi alamnya, tapi juga budaya, kesenian, kerajinan, kuliner, hingga peninggalan bersejarahnya.

Setidaknya, ada 34 provinsi Indonesia yang sajikan keindahan destinasi wisata yang tak kalah indah dari keindahan alam di luar negeri. Berikut ini adalah keindahan Indonesia yang akan kamu temukan jika keliling Indonesia:

15. Daerah Istimewa Yogyakarta – Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. (Wikipedia)

Ibu kota: Yogyakarta
Jumlah penduduk: 3,594 juta (2014)

Goa Kalisuci – Gunung Kidul

Kalisuci berada di kawasan Kars Gunungsewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993 menjadi salah satu warisan alam dunia. Usul tersbut pun ditanggapi oleh Indonesia melalui presiden Republik Indonesia tahun 2004 bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dan menetapkan kawasan tersebut menjadi Kawasan Ekokarts.

Dengan keberadaan Kalisuci tersebut, Indonesia patut berbangga karena mempunyai objek wisata yang dapat dijadikan untuk cave tubing. Mengingat kawasan wisata alam seperti Kalisuci tersebut hanya ada tiga tempat di dunia ini yaitu Kalisuci di Gunungkidul, Yogyakarta Indonesia lalu ada di Mexico dan Selandia Baru.

Pantai Jogan – Gunung Kidul

Pantai Jogan adalah objek wisata pantai yang terletak di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 74 km dari Pusat kota Yogyakarta. Pantai ini terletak di jajaran pegunungan Gunungkidul, yang memberikan pemandangan alam tebing dan air terjun yang mengarah ke laut lepas

Sayur Lombok Ijo – Gunung Kidul

Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan ini memililki ciri khas kuahnya yang terbuat dari santan dan rasanya yang pedas. Sayur Lombok Ijo ini terbuat dari bahan dasar seperti santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang panjang, tempe kedelai, dan bahan lainnya. Di Gunung Kidul Sayur Lombok Ijo ini sering di sebut dengan “Jangan Lombok Ijo”. Karena rasanya yang khas, makanan ini telah menjadi salah satu makan tradisional khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta.


16. Jawa Timur – Surabaya

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. (Wikipedia)

Ibu kota: Surabaya
Jumlah penduduk: 39,29 juta (2017)

Sunrise – Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo terletak di Jawa Timur ini memang mengundang banyak wisatawan karena keindahan pemandangan alam dari ketinggian pegunungan, nama Gunung Bromo sendiri diambil dari salah satu dewa utama dalam agama Hindu yaitu Brahma.

Status Gunung Bromo masih aktif membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan, hamparan gunung nan indah dikelilingi awan putih membuat mata tak jenuh untuk memandang, wisata Gunung Bromo sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada hari libur.

Dari Gunung Bromo kita bisa melihat indahnya matahari terbit dari ketinggian 2.780 meter di atas permukaan air laut dihiasi indahnya hamparan pegunungan seperti negeri di atas awan. Tidak sedikit wisatawan ingin mengabadikan momen indah ini, dari atap penanjakan wisatawan dapat melihat indahnya gunung semeru yang mengeluarkan asap yang dibarengi dengan naiknya matahari memberikan cahaya keindahan di Wisata Gunung Bromo ini.

Kawah Ijen telah berhasil menjadi ikon kedua dari Jawa Timur yang ketenarannya tidak kalah dengan Bali. Terletak di kawasan Banyuwangi, kawah dari gunung yang terus mengeluarkan belerang ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin merasakan pendakian kecil sembari menyaksikan bentang alam yang menakjubkan.

Atraksi yang ditawarkan oleh tempat wisata di Jawa Timur ini adalah kegiatan penambang belerang yang unik. Ada puluhan orang menambang dari pagi untuk membawa bongkahan batu belerang dari gunung hingga ke bawah. Selain itu, Kawah Ijen juga memiliki blue fire yang merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia.

Rujak Cingur – Surabaya

Salah satu kuliner khas Surabaya ini memang mantap untuk dijadikan menu makan siang. Nama rujak Cingur ini adalah menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi.

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, nanas, yang dipadukan dengan lontong atau nasi, tahu, tempe, cingur, sayuran, dan terakhir disiram saus dari olahan petis udang dan bumbu lainnya.


17. Kalimantan Barat – Pontianak

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km². Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. (Wikipedia)

Ibu kota : Pontianak
Jumlah penduduk : 4,546 juta (2014)
Lagu daerah : Cik Cik Periook (Resmi)

Pantai Pasir Panjang – Singkawang

Pantai Pasir Panjang Singkawang ini memiliki hamparan pasir yang membentang luas dan juga sangat bersih, sehingga pantai ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat berlibur yang bagus bagi anda. Pantai ini juga memiliki air laut yang bersih dan sangat jernih, sehingga cukup mendukung untuk pengunjung yang ingin melakukan kegiatan berenang atau menyelam di pantai ini. Di sini, anda pun dapat melakukan sejumlah aktivitas olahraga seperti voli pantai atau sepakbola pantai. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan memancing atau berselancar.

Di Pantai Pasir Panjang ini, anda dapat menikmati keindahan detik-detik terbenamnya matahari (sunset) di balik pulau-pulau yang terdapat di kawasan pantai tersebut. Anda pun juga dapat menikmati suasana melihat sunset di pinggiran atau tepi pantai, dapat juga melihat dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat pada kawasan tersebut. Tidak hanya itu, anda juga dapat melihat aktivitas atau kehidupan pada masyarakat kampung nelayan yang mana lokasinya tidak begitu jauh dari pantai ini.

Tugu Khatulistiwa – Pontianak

Kota Pontianak identik dengan khatulistiwa. Kota ini menjadi salah satu kota yang dilalui garis khatulistiwa, garis lintang nol derajat atau biasa disebut sebagai equator. Di kota inilah dibangun sebuah menara yang diberi nama Tugu Khatulistiwa yang di bangun oleh tim ekspedisi geografi yang dipimpin seorang ahli geografi berkebangsaan Belanda.

Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Tugu ini dibangun pada tahun 1928 dengan menggunakan ilmu astronomi. Pengukuran yang dilakukan oleh para ahli geografi saat itu tanpa menggunakan alat-alat yang canggih seperti satelit maupun GPS. Para ahli ini hanya berpatokan pada garis yang tidak smooth (garis yang tidak rata atau bergelombang) dan berpatokan pada benda-benda alam seperti rasi bintang.

Kuliner Burung Punai – Pontianak

Burung punai ialah jenis burung yang mirip dengan burung dara,berwarna hijau,dan berparu kemerahan.burung ini bisa ditangkap dengan jaring dan banyak ditemukan di sekitaran Pontianak dan Mempawah.

Burung ini bisa diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Tekstur daging Burung Punai yang sangatlah empuk dan gurih lezat saat di santap. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner yang satu ini


18. Kalimantan Tengah – Palangka Raya

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, yang terletak di Pulau Kalimantan. Ibukotanya adalah Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah memiliki luas 157.983 km². (Wikipedia)

Ibu kota : Kota Palangka Raya
Lagu daerah : Kalayar; Naluya; Palu Cempang Pupoi; Saluang Kitik-Kitik; Manasai;
Hari jadi: 23 Mei 1957 (hari jadi)
Jumlah penduduk: 2,369 juta (1 Jul 2014)

Taman Nasional Tanjung Puting – Palangka Raya

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Di sini terdapat konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 s/d 40.000 orangutan yang tersebar di taman nasional dan juga di luar taman nasional ini.

Selain itu TN Tanjung Puting juga merupakan cagar biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti TN Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetapkan pada tahun 1982.

Taman Nasional Tanjung Puting ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan.

Dengan status Taman Nasional dan cagar biosfer TN Tanjung Puting ini dapat terjaga kelestariannya dan merupakan daya tarik salah satu wisata di Indonesia.

Di TN Tanjung Puting ini Anda dapat melihat langsung habitat alami Orangutan secara langsung dan melihat langsung hidup mereka di alam liar.

Jembatan Sungai Kahayan – Palangka Raya

Jembatan Kahayan adalah pesona wisata jembatan yang membelah Sungai Kahayan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter, terdiri dari 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter pada alur pelayaran sungai. Pesona wisata jembatan ini pertama kali dibangun pada tahun 1995 dan selesai dibangun pada tahun 2001, serta diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 13 Januari 2002. Jembatan Kahayan menghubungkan pusat Kota Palangkaraya dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan tembus ke Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, dan lainnya.

Dengan kapal wisata susur sungai milik dinas wisata setempat. Namanya KM Lasang Teras Garu. Kapal yang beberapa bulan terakhir dimanfaatkan untuk membawa puluhan wisatawan menikmati pesona Sungai Kahayan. Rute pertama kapal adalah persimpangan antara Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Perjalanan sekitar 1 jam lebih. Jembatan Kahayan segera menyambut kapal . Kiri kanan sungai disuguhi pemandangan hutan tropis khas Kalimantan. Barisan rapat pepohonan hijau tersebut membentuk lanskap yang sedap dipandang. Sesekali berselisih dengan klotok kecil milik warga di sekitar Sungai Kahayan. Umumnya klotok-klotok tersebut digunakan warga untuk mencari ikan air tawar yang banyak di jumpai di Kahayan. Diantaranya ikan baung, ikan lais, ikan patin sungai, ikan tapah hingga jelawat yang terkenal lezat.

Keripik Kalakai – Palangka Raya

Menurut tradisi dayak Kalimantan, kelakai sudah sejak lama dimanfaatkan orang sebagai sayur atau konsumsi bagi keluarga. Bahkan katanya tumbuhan ini kaya gizi karena mengandung vitamin C dan zat besi (Fe). Sumber lain mengatakan jika kelakai juga merupakan tumbuhan berkhasiat menyembuhkan/meredakan penyakit diare dan anemia. Kemudian kelakai juga dapat digunakan sebagai penambah ASI bagi wanita menyusui.


19. Kalimantan Selatan – Banjarmasin

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km² dengan populasi hampir 3,7 juta jiwa. Provinsi ini mempunyai 11 kabupaten dan 2 kota. (Wikipedia)

Ibu kota: Banjarmasin
Hari jadi: 14 Agustus 1950
Rumah tradisional: Rumah Bubungan Tinggi

Pantai Angsana – Banjarmasin

Pantai Angsana adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di kecamatan Angsana Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Bumbu, tepatnya berada di belakang lokasi perkebunan kelapa sawit. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata yang tergolong masih baru namun saat ini sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat dan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Pantai ini sangat bersih dan terhitung masih perawan serta belum begitu diketahui oleh wisatawan lokal terutama dari luar Kalimantan Selatan. Salah satu objek wisata yang menarik dari pantai ini adalah snorkeling dan selam scuba seperti di pantai Bunaken atau Raja Ampat dimana kita bisa melihat keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari lepas pantai ini menjadikannya objek wisata yang wajib masuk dalam daftar tempat wisata di Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung Muara Kuin – Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin salah satu keunikan Kalimantan Selatan. Pasar Terapung ini adalah pasar tradisional yang berada di atas Sungai Barito, tepatnya di Muara Kuin Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Pasar ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu dan sampai sekarang masih menjadi ikon obyek wisata di Kota Banjarmasin yang sudah dikenal diseluruh nusantara. Pasar tradisional yang mungkin hanya ada satu-satunya di Tanah Air itu sudah menjadi salah satu obyek wisata andalan di daerah tersebut.

Di Pasar Terapung ini, para pedagang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu kayu yang dikenal jukung, di sini kita dapat membeli berbagai macam hasil perkebunan dan pertanian juga terdapat dagangan yang lainnya seperti, pakaian, kue, ikan, anda juga dapat menemukan makanan khas banjar yaitu soto banjar dan nasi sop banjar. Berdasarkan sejarahnya, seperti ciri khas pasar zaman dulu, awalnya pasar ini merupakan tempat pertukaran barang antar masyarakat dari hasil kebun dan pertanian, dan sekarang sudah menggunakan alat tukar uang.

Soto Banjar Khas Banjarmasin

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

Seperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.


20. Kalimantan Utara – Tanjung Selor

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak. (Wikipedia)

Luas: 72.275 km²
Jumlah penduduk: 628.331 (2013)
Lagu daerah: Leten Jenai, Kucing Hitam, Bebilin, Jugit Demaring

Pantai Amal – Kalimantan Utara

Terletak di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Pantai Amal selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun luar daerah hingga luar negeri sekalipun. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alam akan tampak secara jelas di pesisir pantai kawasan ini.

Tempat Wisata ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa.

Gunung Putih – Kalimantan Utara

Lokasinya berada di Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Disebut Gunung Putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relief-relief yang alami bak pahatan seorang seniman. Keindahan Gunung Putih memang sangat natural. Kita disuguhi keindahan pemandangan yang menyejukan mata, ada sungai kecil disisi gunung, kemudian bebatuan yang ukuran cukup besar serta pemandangan hijau yang menyenangkan. Tempat ini selain sebagai Tempat Wisata, ternyata juga bisa berfungsi sebagai lokasi olah-raga.

Tumis Kapah – Tarakan

Tumis Kapah merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Kalimantan Utara. Kapah sendiri adalah salah satu jenis kerang laut yang banyak ditemui di Tarakan. Binatang ini dapat kalian temukan di laut atau pantai yang berlumpur. Kapah memiliki daging berwarna putih kenyal dan bercitarasa gurih. Kapah merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein dan biasa disajikan dalam bentuk tumis dengan beberapa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jeruk nipis dan penyedap rasa. Tumis Kapah sangat nikmat jika dipadukan dengan es kelapa muda saat memakannya.


21. Kalimantan Timur – Samarinda

Kalimantan Timur atau biasa disingkat Kaltim adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. (Wikipedia)

Lagu daerah: Indung Indung
Ibu kota: Kota Samarinda
Hari jadi: 1 Januari 1957
Rumah tradisional: Rumah Lamin
Senjata tradisional: Mandau, Bujak, Serepang, Kelibit, Sumpit, Gayang

Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

Pantai Derawan yang lebih tepatnya sebenarnya adalah pantai di Pulau Derawan. Jika berkunjung ke Kalimantan Timur, pulau ini adalah salah satu yang Anda bisa temukan di semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Pulau Derawan sendiri menghadirkan pesona alam taman bawah laut yang sama sekali tidak boleh terlewatkan, maka tidak heran bila UNESCO di tahun 2005 sempat memasukkan pulau ini menjadi calon situs warisan dunia.

keindahan Pantai Derawan di Kalimantan Timur dijamin tidak akan kalah dari Raja Ampat milik Papua. Pulau Derawan sendiri bersama pulau-pulau yang lain, yaitu Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki membentu yang namanya Kepulauan Derawan. Kabar baiknya, ada begitu banyak hewan yang dilindungi dan langka di tempat ini, termasuk kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, dan sejumlah hewan lainnya.

Pantainya yang bersih memang masih jarang terjamah sehingga kelihatan sangat menawan tanpa adanya sampah yang membuat pemandangan menjadi tidak enak. Selain panorama pantai, pantai ini adalah tempat yang pas bagi Anda yang ingin ber-diving ria alias menyelam, itulah alasan mengapa pecinta diving kelas dunia sangat menyukai lokasi ini sehingga Anda akan menemukan banyak wisatawan asing di Pantai Derawan. Proses bertelur dari penyu juga merupakan hal yang menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Pulau Beras Basah – Samarinda

Sekilas mendengar nama pulau ini ada beberapa orang yang mengira bahwa nama ini memiliki arti lain. Namun sebenarnya tidak, sebab asal nama ini memang berasal dari bahasa Indonesia. Alasan mengapa pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah adalah karena adanya cerita di masa lalu yang mengisahkan tentang sebuah kapal layar. Konon kapal layar ini berkayar dari Pulau Celebes Sulawesi untuk mengangkut barang berupa karung berisi ribuan ton beras untuk dibawa menuju ke Bontang.

Saat ombak besar datang menghantam, kapal ini pun karam. Ombak besar menyapu muatan kapal yang berisi ribuan ton beras hingga hanyut dan menutupi sebagian permukaan air di sekitar pulau. Dari sanalah masyarakat memberi nama pulau tersebut dengan sebutan Pulau Beras Basah.

Tak kalah cantik dengan gugusan pulau di Karimunjawa, Pulau Beras Basah juga memiliki panorama yang indah. Sepaket dengan airnya yang jernih, ombak yang tenang dan pasir putih yang lembut. Serasa jadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari beban pikiran atau pun tekanan pekerjaan tiap harinya.

Panorama bawah lautnya juga tak kalah menarik. Barisan terumbu karang yang berjejer cantik dengan hiasan aneka biota laut yang berwarna-warni membuat pulau ini jadi spot yang asyik untuk snorkeling. Jadi pastikan untuk membawa peralatan snorkeling jika ingin menyelami keindahan bawah laut Pulau Beras Basah.

Rojak Singkil – Kalimantan Timur

Jenis makanan ini berbeda dengan rujak yang biasa kita santap. Sajian ini berupa sayur berkuah santan yang menggunakan daun singkil dan ikan haruan sebagai bahan dasar. Hidangan lezat yang diolah dengan rempah-rempah ini merupakan kuliner khas Kutai Kertanegara. Biasanya disajikan dengan ikan serta sambal pedas yang menggugah selera. Soal rasanya, tak diragukan lagi.


Selanjutnya Bagian 4 – Objek Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.