Beranda » Domestic » Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia – Bagian 2

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, fakta itu tidak perlu di ragukan lagi karena memang sudah di akui dunia.

Keindahan alam yang memukau serta keramah tamahan warganya merupakan hal yang tidak bisa lepas dari ciri khas Bangsa Indonesia. Keindahan Indonesia bukan hanya dari sisi alamnya, tapi juga budaya, kesenian, kerajinan, kuliner, hingga peninggalan bersejarahnya.

Setidaknya, ada 34 provinsi Indonesia yang sajikan keindahan destinasi wisata yang tak kalah indah dari keindahan alam di luar negeri. Berikut ini adalah keindahan Indonesia yang akan kamu temukan jika keliling Indonesia :

8. Provinsi Sumatera Selatan – Palembang

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Palembang. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat. Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Luas: 91.592 km²
Lagu daerah: Dek Sangke
Ibu kota: Palembang
Jumlah penduduk: 8,267 juta (2017)

Air Terjun Lematang Indah

Air terjun ini terletak di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah tidak diragukan lagi, meski ketinggianya hanya 40 meter tidak seberapa dibanding Air Terjun Sipiso-Piso namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa. Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu obyek wisata alam andalan Kota Pagar Alam. Lokasinya strategis di pinggir jalan tepat di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika Anda menuju ke Kota Pagar Alam. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin.

Berkunjung ke air terjun ini merupakan tidak akan mengecewakan Anda, terutama jika Anda pecinta keindahan alam. Udaranya yang bersih dan sejuk, airnya yang bersih, segar serta aliran sungai dan kicauan burung benar-benar dapat menghipnotis Anda. Duduk di bebatuan besar dan membenamkan kaki Anda ke dalam air yang sejuk sungguh merupakan kenikmatan tersendiri. Anda juga bisa berenang untuk menikmati dinginya pijatan air di kulit dan tubuh Anda.

Jembatan Ampera

Tempat wisata yang menjadi ikon dari kota Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan yang berada di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini dahulu dikenal dengan nama Jembatan Bung Karno. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962.

Jembatan ini adalah jembatan yang paling panjang di Asia Tenggara. Nama Jembatan Bung Karno diganti menjadi Jembatan Ampera yang merupakan kependekan dari Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat. Pergantian jembatan ini karena adanya gejolak politik yang terjadi di Nusantara.

Dahulu kala jembatan ini dapat terangkat supaya kapal-kapal tidak membentur badan jembatan ini ketika melewati Sungai Musi. Kapal dengan tinggi 44,5 meter dapat melewati jembatan ini ketika jembatan dinaikkan.

Pempek Palembang

Empek – empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan. Biasanya pempek dimakan dengan menggunakan bumbu kuah asam pedas ( cuka / cuko ). Ikan yang menjadi bahan pokok pembuatan pempek Palembang ( empek empek ) biasanya ikan belida , ikan kutak , ikan tenggiri dan ikan gabus. Selain pempek ada juga kerupuk ikan tenggiri dan kerupuk ikan kutak yang menjadi makanan ciri khas asal Palembang yang sangat digemari masyarakat Indonesia.


9. Provinsi Bangka Belitung – Pangkalpinang

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. (Wikipedia)

Luas : 16.424 km²
Ibu kota : Kota Pangkalpinang
Hari jadi : 21 November 2000 (hari jadi)

Pulau Lengkuas – bangka belitung

Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.

Gunung Menumbing – bangka belitung

Gunung Menumbing atau juga biasa disebut Bukit Menumbing, tempat ini berlokasi di sebuah bukit di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan mantan presiden Indonesia, Soekarno. Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas umum lainnya. Bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1928 sampai 1933.

Berdasarkan informasi yang tertulis pada kamar 102 di wisma Menumbing, inilah tempat Soekarno, Muhammad Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at diasingkan sejak tanggal 22 Desember 1948 hingga 7 Juli 1949. Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl.

Kuliner Lakse – bangka belitung

Konon, kuliner khas Belitung ini merupakan adaptasi dari spaghetti yang dibuat masyarakat di negeri penghasil timah itu. Sekilas melihat bentuknya, lakse sangat mirip dengan putu mayang.

Awalnya, lakse adalah makanan khas orang Melayu Belitung yang gemar membuat makanan dengan santan. Bentuk makanan ini pun belum seperti sekarang. Bentuk lakse dahulu masih seperti mie. Kemudian, lakse juga ikut dikembangkan orang-orang Tionghoa yang tinggal di Belitung hingga memiliki bentuk seperti saat ini tanpa mengurangi ciri, bumbu, dan rasa aslinya.

Lakse berbahan dasar tepung beras, santan, dan sagu. Sama seperti berego, kuliner ini juga dinikmati dengan kuah yang dibuat dari ikan tenggiri.


10. Provinsi Lampung – Bandar Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. (Wikipedia)

Jumlah penduduk : 8,289 juta (2017)
Ibu kota : Bandar Lampung
Lagu daerah : Sang Bumi Ruwa Jurai, Pang Lipang Dang, Tepui Tepui, dll

Taman Nasional Way Kambas – Lampung

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Bumi Sari Natar , Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia. Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil.

Kuliner Seruit – Lampung

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, Indonesia, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak atau mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini.


11. Provinsi Banten – Serang

Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang. (Wikipedia)

Luas : 9.663 km²
Ibu kota : Serang
Jumlah penduduk : 12,45 juta (2017)

Pantai Daplangu, Ujung Kulon – Banten

Ternyata masih ada tempat yang belum banyak dijamah wisatawan seperti Pantai Daplangu. Pantai ini berlokasi di Taman Nasional Ujung Kulon, Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Banten.

Pantai Daplangu namanya. Pantai yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon ini masih sangat sepi bahkan saat weekend sekalipun.

Pantai ini jarang didatangi traveler apalagi dijamah oleh tangan-tangan usil. Untuk sampai di pantai ini, traveler bisa menempuh perjalanan selama 15 menit dengan berjalan kaki dari Villa Sarang Badak.

Taman Nasional, Ujung Kulon – Banten

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan taman nasional ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Kawasan taman nasional ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Situs Warisan Alam Dunia, UNESCO telah memberikan dukungan pendanaan dan bantuan teknis.

Sate Bandeng Kuliner Khas Banten

Sesuai namanya, sate ini menggunakan ikan bandeng atau yang bernama latin Chanos chanos. Ikan ini memiliki duri yang sangat banyak dan menempel pada bagian dalam dagingnya. Sehingga saat proses pembuatan sate, duri-duri ini dihilangkan terlebih dahulu. Cara ini juga yang dipakai pada abad 16 oleh juru masak Kerajaan Banten Girang saat pertama kali membuat sate bandeng.

Awalnya juru masak bingung saat ingin menyuguhkan hidangan ikan bandeng. Akhirnya, sang juru masak memukul ikan hingga dagingnya hancur dan terpisah dari kulitnya. Daging yang telah hancur itu kemudian dikeluarkan dengan cara mencabut tulang dari bagian bawah kepala. Hal tersebut untuk membuang duri-duri halus yang terkandung dalam ikan.

Daging ikan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukan kembali ke dalam ikan. Kulit ikan bandeng yang keras membuat ikan terlihat seperti utuh kembali, setelah itu ikan dibakar.

Hingga kini cara tersebut masih dipertahankan oleh masyarakat Kota Serang. Bahkan sate bandeng telah menjadi ikon yang khas saat berkunjung ke Banten khususnya Kota Serang sebagai ibukota.


12. DKI Jakarta – Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. (Wikipedia)

Luas: 661,5 km²
Jumlah penduduk: 9,608 juta (2010)

Pulau Tidung – Kepulauan Seribu

Tempat ini menyimpan sejuta pesona yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan kepulau ini selalu meningkat. Hal itu menunjukkan bahwa Pualu Tidung ini sangat terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun manca negara.

Keindahan pantai dan alam bawah laut pulau tidung menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan lokal maupun asing untuk menikmati wisata laut di wilayah jakarta ini. Dengan pesona alam yang masih sangat natural menjadikan lokasi wisata ini sebagai tempat primadona yang banyak dikunjungi wisatawan.

Keunikan obyek Wisata Pulau Tidung terlihat ketika di bangunnya Jembatan Cinta yang menghubungkan antara pulau tidung kecil dengan pulau tidung besar. Berbagai fasilitaspun telah di lengkapi dengan, Pelabuhan untuk mengangkut wisatawan, sekolah, puskesmas, masjid, dan gedung perkantoran setingkat kecamatan. Terdapat juga arena permaianan Pantai seperti water sofa, donut boat, jetski, banana boat, dan berbagai permaianan air lainnya.

Pulau Perak – Kepulauan Seribu

Pulau Perak merupakan salah satu pulau yang indah berada di kawasan kepulauan seribu Jakarta, Pulau yang cantik ini berada berdekatan dengan Pulau Harapan, memiliki hamparan pasir putih yang menawan membuat Pulau ini menjadi destinasi wajib para wisatawan yang biasanya dikemas dalam satu paket tour ke Pulau Harapan. Di Pulau ini, belum ada homestay untuk menginap, jadi jalan satu-satunya dengan mendirikan tenda jika Anda ingin menghabiskan waktu berlama-lama disana. Fasilitas umum juga belum terlalu memadai, toilet umum juga dibuat hanya ditutup dengan penutup alakadarnya. Keunikan Pulau Perak Kepulauan Seribu adalah memiliki hamparan pasir putih yang halus, Anda bisa menikmati sensasi tidur di atas baluran pasir yang juga empuk layaknya kasur.

Jajan Selingkuh – Kepulauan Seribu

Kuliner unik dari Kepulauan Seribu yang pertama bernama Selingkuh. Ini merupakan jajanan yang bisa dibilang mirip lemper. Bedanya, ini dibuat dari bahan dasar beras yang dipadu dengan santan kelapa, lalu bagian tengahnya diisi abon ikan dan dibungkus dengan daun pisang. Jika dilihat sekilas, penampilannya menyerupai kue nagasari dari Jawa yang terkenal.


13. Provinsi Jawa Barat – Bandung

Jawa Barat atau Jabar (bahasa Sunda: Jawa Kulon) adalah sebuah provinsi di Indonesia, ibu kotanya berada di Bandung.

Hari jadi‎: ‎18 Agustus‎ ‎1945
Senjata tradisional‎: ‎Kujang
Rumah tradisional‎: ‎Rumah Kasepuhan

Kawah Putih – Bandung

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Gunung Tangkuban Perahu – Bandung

Berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara adalah Kota Bandung, dengan rimbun dan banyak pohon pinus serta hamparan hijau kebun teh yang ada di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian kurang lebihnya adalah sekitar 2.084 meter.

Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi tujuan wisata populer di kawasan Bandung dan sekitarnya ini memiliki banyak sekali peminat baik itu wisatawan lokal maupun asing. Selain karena namanya yang sudah tersohor karena legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memanglah tempat wisata di Bandung yang sangat Indah sekali.Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.

Bentuk dari gunung ini adalah Stratovulcano dengan memiliki pusat erupsi yang selalu berpindah dari timur ke barat. Jenis dari bebatuan yang dikeluarkan melewati letusan dari gunung ini kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang banyak dikeluarkan adalah seperti sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan pada waktu gunung sedang tidak aktif adalah uap belerang.

Kuliner Surabi – Bandung

Serabi merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Di Bandung disebut dengan surabi, biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan surabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa surabi adalah makanan yang terkesan rendahan.


14. Provinsi Jawa Tengah – Semarang

Jawa Tengah atau Jateng adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. (Wikipedia)

Luas: 32.801 km²
Ibu kota: Semarang
Jumlah penduduk: 34,26 juta (2017)

Bukit Love – Karimun Jawa

Bukit Love terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Letaknya Bukit Love tidak jauh dari kota, Anda bisa bersepeda motor sekitar 10 menit untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Disini anda akan disuguhkan batu bertulisan “LOVE” yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas, dan disini juga salah satu tempat sunset point yang indah di Karimunjawa.

Pantai Batu Topeng – Karimun Jawa

Pantai Batu Topeng Karimun Jawa termasuk salah satu pantai pasir putih yang indah yang dijadikan andalan lokasi wisata baik darat maupun wisata laut. Karena Pantai Batu Topeng ini bisa diakses melalui laut dan darat. Pantai Batu Topeng memiliki keunggulan pantai dengan hamparan pasir putih dan juga bisa dijadikan spot sunset bagi wisatawn yang ingin menyaksikan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan di pinggir pantai Karimunjawa.

Pemandangan Pantai Batu Topeng Tidak kalah dengan pantai Tanjung Gelam yang berada di sebelahnya. Pantai Batu Topeng juga memiliki keindahan pemandangan laut dengan warna air yang biru muda dipadukan dengan warna hijau muda yang menghasilkan warna gradasi yang sangat indah sekali. Terdapat sebuah gazebo yang sangat cocok sekali untuk santai-santai di kawasan pantai batu topeng ini, selain itu juga spot untuk melihat sunset sangat sempurna bila anda berada di gazebo ini, Alam yang masih alami, Panorama yang sangat indah ketika kita berada di gazebo tersebut. Panorama alam, hembusan ombak kecil dan tak luput terumbu karang pun terlihat. Sajian istimewa untuk liburan Anda.

Adon-Adon Coro – Jepara

Adon-Adon Coro atau sering disebut Jamu Adon-Adon Coro merupakan minuman tradisional khas kota Jepara, Sebenarnya Adon-Adon Coro merupakan sebuah jamu yang terbuat dari beberapa rempah-rempah, antara lain pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkih, lengkuas, yang disiram dengan santan, jahe gula merah, dan air. Minuman ini berasa pedas dan hangat karena bahan utama minuman ini merupakan jahe.


Selanjutnya Bagian 3 – Objek Wisata Unggulan 34 Provinsi di Indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.